.

.

Daftar PTK untuk Guru

Share on :
Karya Ilmiah Mutlak diperlukan oleh seorang guru. Sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi, sebagai guru harus mampu meningkatkan kompetensi profesinya sebagai guru dengan membuat Karya Ilmiah. Penelitian Tindakan Kellas (PTK) merupakan salah satu Karya Ilmiah yang harus dibuat oleh seorang guru. Terkadang kita sebagai guru membutuhkan PTK secara mendadak, baik untuk Kenaikan Pangkat, kegiatan PLPG, PKG, PKB atau bahkan untuk kegiatan lomba – lomba inovasi pembelajaran. Dengan waktu yang sedikit biasanya sangat susah mencari referensi. Nyari di internet pun terkadang diputar putar dengan sejuta link yang tidak jelas akhirnya, kalau dapat pun biasanya dipinta password untuk membuka file yang kita dapatkan itu. Saya tahu betul kesibukan yang Anda rasakan sebagai seorang guru. Selain kita harus menjalankan TUPOKSI kita sebagai guru di sekolah, Anda juga tentunya mempunyai kesibukan-kesibukan lain di luar sekolah. Terlebih kita dihadapkan pada tuntutan seorang guru yang harus menguasai TIK seperti pengerjaan DAPODIK dan PADAMU NEGERI, ini tentu sangat menyita waktu Anda. Saya juga sebagai guru juga mengalami hal yang sama, oleh karena itu saya paham betul apa yang Anda alami dan Anda rasakan sebagai seorang guru.
Saya akan mencoba membantu menyelesaikan masalah Anda, saya tidak akan menggiring Anda kepada tindakan plagiatisme, namun saya hanya memberikan referensi yang isinya bisa disesuaikan dengan keinginan Anda, sehingga jika dibutuhkan secara mendadak Anda tidak lagi dipusingkan mencari sumber referensi. Saya mempunyai beberapa kumpulan PTK yang telah saya kumpulkan dari berbagai sumber. Berikut kami sajikan beberapa contoh Laporan PTK :


TINGKAT SD

BAHASA INDONESIA:
  1. (SDBINA-01): PENERAPAN PENDEKATAN PROSES 5 FASE UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MENULIS PADASISWA KELAS V SD
  2. (SDBINA-02): PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MEMBACA DAN MENULISMELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS I SDN JANGUR KECAMATAN SUMBERASIH  KABUPATEN PROBOLINGGO
  3. (SDBINA-03): PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MEDIAGAMBAR BINATANG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENDESKRIPSI SECARA TERTULISSISWA KELAS II SDN 02 PEDAWANG KARANGANYAR PEKALONGAN
  4. (SDBINA-04): PERANAN EKSPLORASI PUSTAKA UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENULISPADA SISWA KELAS IV SDN ABC
  5. (SDBINA-05): METODE PEMBELAJARAN IMAJINATIF DALAMMENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MENGARANG BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SDNABC JAKARTA PUSAT TAHUN PELAJARAN 2009/2010
  6. (SDBINA-06): PENERAPANPENDEKATAN PROSES 5 FASE UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MENULIS PADA SISWA KELAS V SD
  7. (SDBINA-07): PENINGKATKAN KETRAMPILAN BAHASA INDONESIADENGAN MENUMBUHKAN MINAT MEMBACA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR NEGERI KASEMBON IKECAMATAN KASEMBON KABUPATEN MALANG TAHUN 2006/2007
  8. (SDBINA-08): MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASAINDONESIA DENGAN MENERAPKAN MODEL PENGAJARAN KOLABORASI PADA SISWA – SISWIKELAS VI SDN ABC JAKARTA PUSAT TAHUN PELAJARAN 2009/2010
  9. (SDBINA-09): UPAYAMENINGKATKAN PRESTASI DAN KUALITAS BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA MATERIBERBICARA DAN MEMBACA DENGAN MENERAPKAN METODE STAD DAN METODE ROLE PLAYING PADASISWA KELAS …… TAHUN PELAJARAN ………
BAHASA INGGRIS
  1. (SDBINA-10): MENINGKATKANPRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS DENGAN MENERAPKAN METODE KOOPERATIF MODELJIGSAW PADA SISWA SEKOLAH....


ILMU PENGETAHAUAN ALAM (IPA)
  1. (SDIPA-01): MENINGKATKANPEMAHAMAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DIKELAS V (LIMA ) SDN SUMURGEDE III KECAMATAN CILAMAYA KULON KABUPATEN KARAWANGDENGANPEMANFAATAN ALAT PERAGA
  2. (SDIPA-02): EFEKTIVITAS PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSESDALAM PENGAJARAN IPA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SD INPRES PAJJAI MAKASSAR
  3. (SDIPA-03): EFEKTIVITAS PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM PENGAJARAN IPA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SD INPRES PAJJAI MAKASSAR
  4. (SDIPA-04): STRATEGI BELAJARMENGAJAR DENGAN MENERAPKAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJARBELAJAR ............PADA SISWA KELAS …………TAHUN ............
  5. (SDIPA-05): UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPADENGAN METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY)PADA SISWA KELAS VI SDN ABC JAKARTA PUSAT TAHUN PELAJARAN 2008/2009
  6. (SDIPA-06): UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPADENGAN METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY)PADA SISWA KELAS …………TAHUN PELAJARAN 2001/2002
  7. (SDIPA-07): MENINGKATKAN MUTU DAN MOTIVASI BELAJAR IPADENGAN MENERAPKAN PENGAJARAN BERBASIS INKUIRI PADA SISWA KELAS …TAHUN ....
  8. (SDIPA-08): MENINGKATKANPRESTASI BELAJAR SISWA TENTANG KONSEP LISTRIK DENGAN METODE DEMONSTRASI PADASISWA KELAS VI  SD NEGERI SUKOSARI 01KECAMATAN KASEMBON KABUPATEN MALANG TAHUN 2006 / 2007
  9. (SDIPA-09): EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MODELPENGAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN MUTU DAN PENGUASAAN MATERIPELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS …TAHUN ....
  10. (SDIPA-10): UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN METODE PEMBELAJARAN PENEMUANTERBIMBING PADA SISWA KELAS IV SDN ABC JAKARTA PUSAT  TAHUN PELAJARAN 2008/2009
  11. (SDIPA-11): EFEKTIVITAS PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM PENGAJARAN IPA TERHADAP PRESTASIBELAJAR SISWA SD INPRES PAJJAI MAKASSAR
  12. (SDIPA-12): PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAPPRESTASI BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA SD INPRES BERTINGKAT MAMAJANG I MAKASSAR
  13. (SDIPA-13): HUBUNGAN ANTARA MINAT DAN PERHATIAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATAPELAJARAN  IPA PADA SDN LABUANG BAJI  I MAKASSAR
  14. (SDIPA-14):
  15. (SDIPA-15): HUBUNGAN PARTISIPASI ORANG TUA DENGAN PRESTASIBELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA KELAS V PADA SD INPRES RAPPOKALLING 2 MAKASSAR
  16. (SDIPA-16): PENGARUH PEMBERIAN TUGAS SETIAP AKHIR PERTEMUAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V PADA SD INPRES BUTTATIANANG I MAKASSAR
  17. PENGGUNAANMODEL SYNECTIK DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SD INPRES RAPPOKALLING IMAKASSAR


ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
  1. (SDIPS-01): ASPEK EDUKATIFLINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN BAGI PENGUASAAN KONSEP IPS DIKELAS V SDN ......  TAHUN PELAJARAN .....
  2. (SDIPS-02): MENINGKATKANKEMAMPUAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI PEMANFAATAN ALAT PERAGA PADASISWA KELAS V SEMESTER II TAHUN AJARAN 2008 SDN MERGOSARI 01 KECAMATAN TARIKKABUPATEN SIDOARJO
  3. (SDIPS-03):UPAYA MENINGKATKAN  KONSEP PEMAHAMAN IPS BAGI SISWA KELAS VSDN  …….. MELALUI MODEL PEMBELAJARANPENCAPAIAN KONSEP
  4. (SDIPS-04):PENGARUHGABUNGAN METODE CERAMAH DENGAN METODE KERJA KOLOMPOK TERHADAP HASIL BELAJARILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR
  5. (SDIPS-05): PENGARUH GABUNGAN METODE CERAMAH DENGAN METODE KERJA KOLOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR BIDANG STUDI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VI SD
  6. (SDIPS-06): MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI GABUNGANMETODE CERAMAH DENGAN METODE BELAJAR AKTIF MODEL PENGAJARAN AUTENTIK PADA SISWASEKOLAH DASAR
  7. (SDIPS-07): KARYA WISATA SUATU SOLUSI SMART LEARNINGBAGI PENINGKATAN HASIL PRESTASI BELAJAR IPS DI KELAS VI SD NEGERI  …… KEC. …. KAB. ….
  8. (SDIPS-08): PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR GUNA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN 2 MOJO KECAMATAN ANDONG KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010
  9. (SDIPS-09): MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI GABUNGANMETODE CERAMAH DENGAN METODE BELAJAR AKTIF MODEL PENGAJARAN AUTENTIK PADA SISWASEKOLAH DASAR
  10. (SDIPS-10): MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MENERAPKANMETODE KOOPERATIF MODEL JIGSAW PADA SISWA SEKOLAH DASAR
  11. (SDIPS-11): UPAYA  MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATAPELAJARAN IPS TENTANG PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN DENGAN MODEL GROUPINVESTIGATION DAN ALAT PERAGA GAMBAR PAHLAWAN  PADA  KELAS V  SEMESTER  II SEKOLAH  DASAR   NEGERI  KEDONDONG 3 KECAMATAN GAJAH KABUPATEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010
  12. (SDIPS-12): PEMBELAJARANTERSTRUKTUR DENGAN PEMBERIAN TUGAS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWAKELAS V SDN ABC JAKARTA PUSAT TAHUN PELAJARAN 2008/2009
  13. (SDIPS-13): PENGARUH METODE BELAJAR AKTIF MODEL PENGAJARAN TERARAH DALAMMENINGKATKAN PRESTASI DAN PEMAHAMAN PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SDN ABC JAKARTAPUSAT TAHUN 2008/2009
  14. (SDIPS-14): SIMULTANSI ANTARA PEMBELAJARAN MODEL SOSIODRAMA DENGANPRESTASI BELAJAR IPS   PADA POKOK BAHASANPERISTIWA RENGASDENGKLOK  BAGI  SISWA KELAS VI DI SDN …..
  15. (SDIPS-15): MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUANSOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINK-PAIR-SHARE PADA SISWA KELAS ….TAHUN…
MATEMATIKA
  1. (SDMTK-01): MENINGKATKAN MOTIVASIDAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN METODE PEMBERIAN BALIKAN PADASISWA KELAS VI SDN ABC JAKARTA PUSAT TAHUN PELAJARAN 2008/2009
  2. (SDMTK-02): MENINGKATKAN KEMAMPAN SISWA KELASI DALAM MENGOPERASIONALKAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA MATA PELAJARANMATEMATIKA DENGAN BANTUAN BENDA KONGKRIT
  3. (SDMTK-03): MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG LUAS BANGUN RUANG MELALUI BENDA KONKRIT SEKITAR SISWA KELAS VI SDN CANDIPARI II
  4. (SDMTK-04): UPAYA MEMBANTU SISWA MENGINGAT KEMBALI MATERI PELAJARAN MATEMATIKA LEWAT METODE BELAJAR AKTIF MODEL GABUNGAN CERAMAH DAN KERJA KELOMPOK PADA SISWA KELAS ... TAHUN PELAJARAN 2004/2005
  5. (SDMTK-05): PENERAPAN METODE KOOPERATIF MODEL GROUPINVESTIGATION  (GROUP INVESIGATION)SEBAGAI ALTERNATIF MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SD
  6. (SDMTK-06): PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PERKALIANDENGAN MEDIA BENDA-BENDA TERDEKAT PADA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV  SD NEGERI KLUDAN
  7. (SDMTK-07): PENINGKATAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG BILANGANCACAH DENGAN MODEL PERMAINAN LACAK KARTU BILANGAN SISWA KELAS III  SDN BAYEM IV KECAMATAN  KASEMBON KABUPATEN  MALANG TAHUN 2003 / 2004
  8. (SDMTK-08): UPAYA MENINGKATKAN PRESTASIBELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN MODEL KONTEKSTUAL BERBASISMASALAH PADA SISWA KELAS … TAHUN PELAJARAN 2004/2005
  9. (SDMTK-09): PENINGKATAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG BILANGANCACAH DENGAN MODEL PERMAINAN LACAK KARTU BILANGAN SISWA KELAS I SDN BAYEM IVKECAMATAN KASEMBON KABUPATEN MALANG TAHUN PELAJARAN 2007/2008
  10. (SDMTK-10): PENGGUNAAN MEDIA LIDI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA PADAPENJUMLAHAN BILANGAN BULAT DI KELAS IV SDN KREMBUNG I
  11. (SDMTK-11): -
  12. (SDMTK-12): MODEL PEMBELAJARAN REALISTIK DENGAN MENGGUNAKANCONTOH YANG RELEVAN DENGAN PENGALAMAN ANAK SERTA MODEL BANGUN RUANG UNTUKMENINGKATKAN KONSEP PEMAHAMAN SISWA TENTANG SIFAT BANGUN RUANG SISWA SD
  13. (SDMTK-13): MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI PERKALIAN CARA SUSUN PADA SISWA KELAS IVSDN SUKAMULYA II DENGAN METODE DEMONTRASI DAN UPAYA MEMOTIVASI SISWA DALAMPEMBELAJARAN KEPAHLAWANAN DAN PATRIOTISME TOKOH-TOKOH DI LINGKUNGAN ANAKMELALUI PEMBERIAN PENGUATAN VERBAL DAN NON VERBAL
  14. (SDMTK-14): MODEL PEMBELAJARAN REALISTIK DENGAN MENGGUNAKAN CONTOH YANG RELEVAN DENGAN PENGALAMAN ANAK SERTA MODEL BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN KONSEP PEMAHAMAN SISWA TENTANG SIFAT BANGUN RUANG SISWA SD
  15. (SDMTK-15): UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA PADAMATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE BERMAIN KARTU SOAL BAGI SISWA KELAS VISD NEGERI JERUKLEGI WETAN 01 KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2007 / 2008
  16. (SDMTK-16): PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN  TENTANG LUASBANGUN MELALUI MODEL KOOPERATIF STAD DAN KUIS PADA SISWA KELAS VIA SDN SADANG TAMAN SIDOARJO
  17. (SDMTK-17): PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN  TENTANG LUASBANGUN MELALUI MODEL KOOPERATIF STAD DAN KUIS PADA SISWA KELAS VIA SDN SADANG TAMAN SIDOARJO
  18. (SDMTK-18): EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATERI PELAJARAN BANGUNDATAR DENGAN METODE STAD DAN ALATBANTU MBDW PADA PESERTA DIDIK KELAS VSD 1 PULOSAREN, KEPIL, WONOSOBO TAHUN 2008
  19. (SDMTK-19): MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODEPEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADASISWA KELAS … TAHUN …
  20. (SDMTK-20): PENERAPAN METODE KOOPERATIF MODEL TGT (TEAMGAMES TOjURNAMENT) SEBAGAI ALTERNATIF MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKAPADA SISWA KELAS V SD
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
  1. (SDPAI-01): PENINGKATAN PRESTASIBELAJAR PAI DENGAN DITERAPKANNYA METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SDN ABCKEC. KOTA JAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
  2. (SDPAI-02): UPAYA MENINGKATKANPRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENERAPKAN MODELPEMBELAJARAN KOLABORASI PADA SISWA KELAS ….SD …..
  3. (SDPAI-03): UPAYA MENINGKATKANPRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENERAPKAN MODELPEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS ….SD….
  4. (SDPAI-04): UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENERAPKAN MODELPEMBELAJARAN PAKEM PADA SISWA KELAS ….SD ….
  5. (SDPAI-05): MENINGKATKAN PRESTASIBELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENERAPKAN MODEL PENGAJARAN TUNTAS PADASISWA KELAS IV SDN ABC KEC. KOTA JAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
  6. (SDPAI-06): PENERAPAN METODE TANYA JAWAB DALAM UPAYAMENINGKATKAN MUTU BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA SD KELAS III-VI
PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK)
  1. (SDPJOK-01): UPAYA MENINGKATKANEFEKTIVITAS BELAJAR LEMPAR CAKRAM DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MODIFIKASI PIRINGPLASTIK( PTK di Kelas VI SD Negeri Nguling III – Kab. Pasuruan )
  2. (SDPJOK-02): UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR LEMPAR CAKRAMDENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MODIFIKASI PIRING PLASTIK( PTK di Kelas VI SD Negeri Nguling III – Kab. Pasuruan )
  3. (SDPJOK-03): UPAYA PENINGKATAN KELINCAHAN DAN KECEPATAN DALAMBERMAIN SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS …………TAHUN PELAJARAN…………
  4. (SDPJOK-04): PENERAPAN METODE INKUIRI PADA MATA PELAJARANPENJASKES UNTUK MENINGKATKAN TEKNIK BERMAIN BOLA TANGAN PADA SISWA SD
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn)
  1. (SDPKN-01): MENINGKATKATKAN PRESTASIBELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE RESITASI DANDISKUSI SISWA KELAS VI SDN BAYEM IV KEC.KASEMBON KAB. MALANG TAHUN 2007/2008
UMUM
  1. (SDUMUM-01): MENINGKATKAN DISIPLIN DAN TANGGUNGJAWAB SISWA MELALUI SANKSI BERJENJANG PADA SISWA KELAS III SD NO I SANUR TAHUN PELAJARAN 2009/2010
SEKOLAH LUAR BIASA (SLB)
  1. (SLB-01): PENGGUNAAN MODIFIKASIPERMAINAN DAKON UNTUK MENINGKATKAN KECEPATAN MENGHITUNG DALAM OPERASIPENJUMLAHAN BILANGAN BULAT PADA ANAK TUNANETRA KELAS IV DI SLBN GEDANGANSIDOARJO
TAMAN KANAK-KANAK (TK)
  1. (TK-01): PENGGUNAAN CELEMEKCERITA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK TK KELOMPOK  A ( PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI TK AISYIYAHBUSTANUL ATHFAL I PUCANGANOM – SIDOARJO)
  2. (TK-02): PENINGKATAN KEMAMPUANMEMBACA PERMULAAN SISWA TK DALAM PEMBELAJARAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI PENERAPANMEDIA GAMBAR (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI TK. NEGERI PEMBINA KECAMATAN SEDATIKABUPATEN SIDOARJO)

TINGKAT SMP


MADRASAH TSANAWIYAH:(MTsPAI-01): PENERAPAN METODEDEMONSTRASI DAN TANYA JAWAB GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIIIH SEMESTER II DI MTSN KEDIRI 2


SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI):
(MTsSKI-01): PENERAPAN METODE RESITASI PADA MATA PELAJARANSEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BALAJAR SISWA KELASVIII MTS NEGERI MALANG III

BAHASA ARAB:
(SMPARAB-01): PENGGUNAAN METODE DRILL DALAMMENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI BAHASA ARAB DI KELAS VIII- DI MTSKEDIRI II. KEDIRI

BAHASA INDONESIA:
  1. (SMPBINA-01): MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS VIISEMESTER 1 SMP NEGERI 2 CANDI SIDOARJO DENGAN MENGGUNAKAN METODE CONFERENCE WRITING
  2. (SMPBINA-02): METODE DEMONSTRASI DALAM UPAYA MININGKATKAN PROSES BELAJAR DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA … TAHUN PELAJARAN…
  3. (SMPBINA-03): MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DEDUKTIF MELALUI KALIMAT ACAKSISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 DONGGO TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012
  4. (SMPBINA-04): PEMBERIAN MOTIVASIUNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS I A SMP NEGERI 03 BATU
  5. (SMPBINA-05):MENINGKATKAN PRESTASIBELAJAR MENGARANG BAHASA INDONESIA DENGAN METODE PEMBELAJARAN TERBIMBING PADASISWA KELAS…
  6. (SMPBINA-06): PENGUASAAN SISWA KELAS.....TAHUN PELAJARAN .....TENTANG DISTRIBUSI KATA-KATA BERSINONIM DALAM MENYUSUN KALIMAT EFEKTIF

BAHASA INGGRIS:
  1. (SMPBING-01): MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGUNGKAPKAN MONOLOG DESCRIPTIVE LISAN SEDERHANA YANG BERTERIMA SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 2 JABON MENGGUNAKAN SISTIM ICARE
  2. (SMPBING-02): MENINGKATKANPRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS  MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF  MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER  PADA SISWA KELAS IX
  3. (SMPBING-03): MEMBANGUN PEMAHAMANDAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI PERMAINAN PADA SISWA KELAS ……
  4. (SMPBING-04): MENINGKATKANKETERAMPILAN MENGUNGKAPKAN MONOLOG DESCRIPTIVE LISAN SEDERHANA YANG BERTERIMA SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 2JABON MENGGUNAKAN SISTIM ICARE
  5. (SMPBING-05): MENINGKATKANPRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI  PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODELTGT   PADA SISWA KELAS……

ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA):
  1. (SMPIPA-01): PENINGKATANHASIL BELAJAR TENTANG KEMAMPUAN MENGHANTAR PANAS BERBAGAI BENDA DENGAN METODEEKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VI SDN SIDOMULYO 04 PRONOJIWO LUMAJANG
  2. (SMPIPA-02): PENGARUH MINAT BELAJAR SISWA SLTPNEGERI 7 MAKASAR TERHADAPHASIL BELAJAR BIOLOGI
  3. (SMPIPA-03): EFEKTIVITASPEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MODEL PENGAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKANPRESTASI DAN PENGUASAAN MATERI PELAJARAN IPA PADA SISWA …TAHUNPELAJARAN ....
  4. (SMPIPA-04): PENGARUH MINAT BELAJAR SISWA SLTP NEGERI 7 MAKASSAR TERHADAPHASIL BELAJAR BIOLOGI
  5. (SMPIPA-05): PENERAPANPEMBELAJARAN BERMAIN PERAN DAPAT MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJARBIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI III BAYAN TAHUN PELAJARAN 2007/2008
  6. (SMPIPA-06): STRATEGIPEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MODEL PENGAJARAN  BERBASIS PROYEK/TUGAS DALAMMENINGKATKAN PRESTASI BELAJARBIOLOGI PADA SISWA KELAS ……NEGERI ……TAHUN .....
  7. (SMPIPA-07):UPAYA MENINGKATKANPEMAHAMAN KONSEP-KONSEPBIOLOGIDENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CHARTA, MODEL DAN LKS … PADA SISWA KELAS ……NEGERI …TAHUN ....
  8. (SMPIPA-09): PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT (Teams Game Tournaments) UNTUK MENINGKATKANMOTIVASI DAN PRESTASI  BELAJAR SISWA SMPDARUL ULUM AGUNG MALANG
  9. (SMPIPA-11): PENERAPAN METODEDEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS….. 
  10. (SMPIPA-12): UPAYA MENINGKATKANPRESTASI BELAJAR IPA DENGAN METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY) PADA SISWA KELAS …TAHUN PELAJARAN ....
  11. (SMPIPA-13): STRATEGI BELAJARMENGAJAR DENGAN MENERAPKAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASIBELAJAR IPA PADA SISWA KELAS ……TAHUN PELAJARAN ......
  12. (SMPIPA-14): MENINGKATKAN PRESTASIDAN MOTIVASI BELAJAR IPA DENGAN MENERAPKAN PENGAJARAN BERBASIS INKUIRI PADASISWA KELAS … TAHUN PELAJARAN .....
  13. (SMPIPA-15): PENERAPAN CARABELAJAR AKTIF MODEL PENCOCOKAN KARTU INDEKS DALAM MEMBANTU PENGUASAAN MATERIPELAJARAN SAINS PADA SISWA KELAS …TAHUN PELAJARAN ......
  14. (SMPIPA-16): PENGGUNAAN MEDIA CHARTA, MODEL DAN LKS UNTUKMENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS … TAHUN PELAJARAN.....
  15. (SMPIPA-17): MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALU METODENUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS …TAHUN PELAJARAN...
  16. (SMPIPA-19): PENGARUH PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP PRESTASIBELAJAR FISIKA PADA MATERI PEMUAIAN SISWA KELAS VII SEMESTER I SMP NEGERI 2 MOYOHULU TAHUN PELAJARAN .....
  17. (SMPIPA-20): PENERAPANMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENTTEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA PADA MATERI BESARAN DANSATUAN SISWA  KELAS VII SMP NEGERI 1 MOYO HULU TAHUN PELAJARAN 2011/2012
  18. (SMPIPA-21): MENINGKATKAN PRESTASIBELAJAR SAINS MELALUI GABUNGAN METODE CERAMAH DENGAN METODE KOOPERATIF MODELTPS (THINK PAIR SHARE) PADA SISWA KELAS……
  19. (SMPIPA-22): EFEKTIVITASPEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MODEL PENGAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKANPRESTASI DAN PENGUASAAN MATERI PELAJARAN FISIKA  PADA SISWA ……TAHUN PELAJARAN......

ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS):

  1. (SMPIPS-01): PENERAPAN GABUNGAN METODE CERAMAH DENGAN METODESIMULASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWAKELAS ……. TAHUN PELAJARAN……
  2. (SMPIPS-02): PENERAPAN GABUNGAN METODE CERAMAH DENGAN METODESUMBANG SARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADASISWA KELAS ……TAHUN PELAJARAN .....
  3. (SMPIPS-03): MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIALMELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL LEARNING TOGETHER PADA SISWA…….TAHUN PELAJARAN 2001/2002
  4. (SMPIPS-04): PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBEREDHEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELASVIII.E MTs NEGERI  MODEL SELONG  TAHUN PELAJARAN 2010-2011
  5. (SMPIPS-05): MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIALMELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL GROUP INVESTIGATION(GI) PADA SISWA KELAS…….TAHUN PELAJARAN .......
  6. (SMPIPS-06): STRATEGI METODE PENGAJARAN AUTENTIK DALAM MENINGKATKANPROSES DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS…….TAHUN PELAJARAN .......

MATEMATIKA:

  1. (SMPMTK-01): MEMINIMALKAN KESULITAN BELAJAR MATERI PERSAMAANGARIS LURUS  PADA SISWA KELAS VIII – ESMP NEGERI 4 SIDOARJO DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVIS
  2. (SMPMTK-02): PENERAPAN METODE KOOPERATIF MODEL TAPPS SEBAGAI UPAYAMENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS ... TAHUNPELAJARAN .....
  3. (SMPMTK-03): PENERAPAN METODE KOOPERATIF MODEL TGT (TEAM GAMESTOURNAMENT) SEBAGAI ALTERNATIF MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADASISWA KELAS … PELAJARAN ....
  4. (SMPMTK-04): PENERAPAN METODE KOOPERATIF MODEL THINK-PAIR-SHAREUNTUK MENINGKATKAN KUALITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA ……TAHUN PELAJARAN .......
  5. (SMPMTK-05): MENINGKATKANKETAHANAN PRIBADI SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 2 SEDATI DALAM BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARANKOOPERATIF TIPE STAD
  6. (SMPMTK-06): KEEFEKTIVAN MODELPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN JIGSAW II TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKAPOKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS PADA SISWA KELAS II SEMESTER 1 SMPN 10 SEMARANG TAHUN PELAJARAN .......
  7. (SMPMTK-07): MODEL PEMBELAJARANKOOPERATIF TIPE TEAMS-GAMES- TOURNAMENT(TGT) SEBAGAIUPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFANBELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN PELUANGDAN STATISTIKA DI SMP NEGERI 4 DEPOKYOGYAKARTA KELAS IX C

 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI):

  1. (SMPPAI-01): PENERAPAN METODEDISKUSI DAN TANYA JAWAB DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATAPELAJARAN PAI KELAS VIII-A SMP NEGERI I BATU
  2. (SMPPAI-02): IMPLEMENTASI METODE CERAMAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKANAGAMA ISLAM DI KELAS IX SMP NEGERI 01 BATU
  3. (SMPPAI-03): IMPLEMENTASI METODE DISKUSI  DALAM MENINGKATKAN  PRESTASI BELAJAR (PELAJARAN PENDIDIKANAGAMA ISLAM)  SISWA KELAS IX SMP NEGERI 01 BATU
  4. (SMPPAI-04): UPAYA MENINGKATKANPRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENERAPKAN MODELPEMBELAJARAN KOLABORASI PADA SISWA KELAS …. SMP ... TAHUN PELAJARAN ...
  5. (SMPPAI-05): UPAYA MENINGKATKANPRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENERAPKAN MODELPEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS ….SMP ... TAHUN ...
  6. (SMPPAI-06): PENINGKATAN PEMAHAMANMATERI PAI DENGAN MELAKUKAN PENDAMPINGAN DILUAR JAM EFEKTIF KBM
  7. (SMPPAI-07): IMPLEMENTASI METODE THE STUDENT GROUP DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP MATAPELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS  IX E SMP NEGERI 01 BATU

PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK)/PENJASKES:



PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn):

  1. (SMPPKN-01): MENINGKATKAN PRESTASIBELAJAR MATA PELAJARAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MENERAPKAN STRATEGI PEMBELAJARANKONTEKSTUAL MODEL PENGAJARAN………TAHUN ………
  2. (SMPPKN-02): MENINGKATKAN PRESTASIBELAJAR MATA PELAJARAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MENERAPKAN STRATEGI GABUNGAN CERAMAH DANKERJA KELOMPOK………TAHUN………
  3. (SMPPKN-03): MENINGKATKAN PRESTASIBELAJAR MATA PELAJARAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MENERAPKAN STRATEGIGABUNGAN CERAMAHDAN SIMULASI PADA SISWA KELAS………. TAHUN ……
  4. (SMPPKN-04): PENERAPAN MODELGABUNGAN CERAMAH DAN PENGAJARAN AUTENTIK DALAM MENINGKATKAN LIFE SKILL UNTUK MENINGKATKANPROSES DAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA-SISWI KELAS ……TAHUN ………
  5. (SMPPKN-05): UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD (STUDENT TEAMSACHIEVEMENT DIVISION) PADA SISWA KELAS ………TAHUN ……

Jika Anda berminat dengan pilihan judul PTK tersebut, silahkan download saja dengan cara mengklik judul PTK tersebut, dan janagan lupa tinggalkan jejak Anda dengan mengisi form komentar.

SEMUA CONTOH LAPORAN PTK TERSEBUT BISA DIDAPATKAN SECARA GRATIS dengan melihat caranya di menu CARA DPT PTK

1 comments:

Anonymous said... 18 November 2016 at 22:58

terimakasi aja kalau boleh tau paswoerdnya apa sih mas

Post a Comment and Don't Spam!

Berkomentarlah secara bijak

About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search